PT. Metrodata
Electronics, Tbk (“Perseroan”) merupakan salah satu perusahaan teknologi
informasi komunikasi (TIK) terkemuka di Indonesia. Didirikan pada tanggal 17
Februari 1983 sebagai salah satu Perseroan dalam kelompok usaha METRODATA yang
telah berkiprah di bidang TIK sejak tahun 1975. Sejak didirikan, Perseroan
sempat mengalami perubahan nama beberapa kali dan terakhir pada tanggal 28
Maret 1991 namanya diubah menjadi PT. Metrodata Electronics, Tbk sampai
sekarang.
Pada tanggal 14
Februari 1990, Perseroan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (IDX:
MTDL) sebagai salah satu usaha untuk mendapatkan modal kerja dan modal
investasi dan juga dalam usaha untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat
untuk dapat ikut ambil bagian dalam perkembangan Perseroan.
Saat ini Perseroan bermitra dengan perusahaan
TIK kelas dunia, di antaranya Adobe, Alcatel-Lucent, APC, ASUS, Alaric,
Autodesk, Avaya, Blue Coat, BMC Software, Check Point, Cisco, Citrix, DELL,
EMC, Emerson Network Power, EPSON, F5, FalconStor, Fujitsu, Fortinet, Huawei,
Hitachi Data Systems, Hewlett-Packard, IBM, Infor, Infoblox, JDA Software,
Juniper, K2, Lenovo, Microsoft, NetApp, Nucleus Software, OrangE, Oracle,
Panasonic, Pearson VUE, Prometric, Q1 labs, RSA Security, Riverbed, SAP,
Samsung, Salesforce.com, Solarwinds, Software AG webMethods, Sony,
Symantec, TCS Bancs, Trend Micro, VMware, Vision Solutions, dan ZTE.
Dengan pengalaman
lebih dari 38 tahun di bidang TIK, METRODATA selalu menyertai perjalanan bisnis
para pelanggannya. Tangan-tangan profesional setiap karyawan METRODATA terus
berkarya menghasilkan inovasi untuk menjawab tantangan perubahan zaman.
Sejalan dengan
perkembangan bisnis, Perseroan melakukan terobosan melalui usaha patungan
maupun pendirian anak usaha. Di tahun 2008, Perseroan mengakuisisi Soltius Asia
Pte Ltd, yang merupakan perusahaan konsultan SAP yang sudah mapan. Soltius Asia
Pte Ltd adalah pemilik PT. Soltius Indonesia yang kini telah menjadi salah satu
entitas anak Perseroan dalam kelompok METRODATA.
Perseroan juga membeli sebesar 37,21%
kepemilikan saham PT. Xerindo Teknologi, sebuah perusahaan dengan keahlian di
bidang perencanaan radio, instalasi, pengujian/commisioning,
perawatan dan sebagainya.
Pada tanggal 28 Januari 2011, Perseroan
mendirikan entitas anak yaitu PT. My Icon Technology yang memiliki bidang usaha
utama yaitu Information & Communication Technology
Retail (ICT Retail) meliputi modern store, e-commerce danshop in shop dengan menyediakan produk-produk ICT
secara ritel dan langsung kepada konsumen selaku pengguna akhir.
Pada tanggal 26
September 2011, Perseroan melakukan pengembangan bisnis melalui usaha patungan
dengan Synnex Technology International Corp (Synnex), sebuah perusahaan Taiwan.
Synnex merupakan pemain ketiga terbesar di dunia (dan terbesar di Asia) dalam
bisnis distribusi produk teknologi informasi komunikasi.
Pada tanggal 4 Januari
2012, Perseroan mendirikan PT. Logicalis Metrodata Indonesia sebagai usaha
patungan dengan Logicalis Singapore Pte Ltd. Usaha patungan ini memiliki usaha
utama solusi dan jasa yang terintegrasi di bidang teknologi informasi dan
komunikasi khususnya di bidang solusi dan jasa jaringan.
Visi & Misi
Sebagaimana umumnya
perusahaan-perusahaanyang sudah mapan, Perseroan memiliki seperangkatprinsip
panduan yang menjadi acuan bagi manajemenmaupun karyawan dalam mengembangkan
strategi Perseroan serta dalam membangun reputasi Perseroan. Visi dan Budaya
Perusahaan Perseroan tercermin dengan baik dalam pernyataan berikut:
Visi Perseroan
Memaksimalkan nilai
bagi pemangku kepentingan danmembangun lingkungan yang ideal untuk bekerja.
Budaya Perusahaan
Bagi METRODATA budaya
perusahaan bukan sekedar pajangan atau rumusan kata-kata yang semu tetapi
merupakan jiwa dan roh yang menjadi pegangan sumber daya manusia dalam
menjalankan kewajibannya, pedoman bertindak dan berperilaku dalam organisasi,
serta pembimbing METRODATA dalam mencapai tujuannya.
Budaya perusahaan
terutama sangat penting bagi perusahaan teknologi seperti METRODATA untuk tetap
fokus seraya bertumbuh di lingkungan persaingan bisnis yang dinamis dan berubah
dengan cepat serta tantangan globalisasi yang menuntut organisasi yang kuat,
lincah dan unggul.
Efektif sejak 1
Januari 2013, METRODATA telah secara bertahap merumuskan dan mensosialisasikan
pengamalan budaya perusahaan yang baru yang diterjemahkan ke dalam TIGA pilar
utama—Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship— beserta LIMA BELAS prinsip
tindakan.
PILAR UTAMA 1 | INTEGRITAS
Integritas adalah
konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma-norma moral, etika, dan hukum,
serta berkomitmen untuk senantiasa menjaga dan memeliharanya.
Perusahaan yang tidak
memiliki integritas sebagai fondasinya biasanya tak akan bertahan lama. Karena
itu nilai ini menjadi yang pertama dan utama dan harus dimiliki, dihayati dan
diamalkan oleh setiap karyawan. Pada tingkat korporasi, integritas merupakan salah
satu praktik dalam pelaksanaaan Tata Kelola Perusahaan yang Baik.
Prinsip-prinsip
Integritas dalam tindakan:
1. Jujur, beretika, bertanggung jawab dan dapat dipercaya
2. Satu kata dan satu tindakan, berdasarkan data dan fakta
3. Mempunyai rasa memiliki terhadap Perseroan
4. Menjaga kepatutan dan nama baik Perseroan
5. Menghargai pihak yang telah berjasa kepada Perseroan
1. Jujur, beretika, bertanggung jawab dan dapat dipercaya
2. Satu kata dan satu tindakan, berdasarkan data dan fakta
3. Mempunyai rasa memiliki terhadap Perseroan
4. Menjaga kepatutan dan nama baik Perseroan
5. Menghargai pihak yang telah berjasa kepada Perseroan
PILAR UTAMA 2 | PROFESIONALISME
Profesionalisme adalah
sikap, perilaku, dan tindakan yang menunjukkan pengetahuan, kompetensi dan keterampilan
yang tinggi yang dikembangkan terus menerus dalam menghadapi tantangan dan
mensukseskan Perseroan.
Ketika menggunakan
produk-produk dan jasa-jasa METRODATA, pelanggan mengharapkan kualitas
pelayanan yang terbaik dari METRODATA sehingga mampu meningkatkan produktifitas
dan kesejahteraan mereka. Karena itu setiap karyawan METRODATA dituntut untuk
senantiasa profesional.
Prinsip-prinsip
Profesionalisme dalam tindakan:
1. Memberi solusi dan pelayanan yang prima
2. Memiliki kedisiplinan yang tinggi
3. Terus menerus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan untuk mendukung kinerja
4. Memiliki kecakapan dalam memecahkan masalah
5. Mampu bekerjasama dalam tim serta bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan
1. Memberi solusi dan pelayanan yang prima
2. Memiliki kedisiplinan yang tinggi
3. Terus menerus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan untuk mendukung kinerja
4. Memiliki kecakapan dalam memecahkan masalah
5. Mampu bekerjasama dalam tim serta bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan
PILAR UTAMA 3 | ENTREPRENEURSHIP
Entrepreneurship
adalah semangat dan jiwa wirausaha yang menggelora untuk terus melakukan
perubahan ke arah yang lebih baik, mampu mengeksekusi ide menjadi kenyataan,
berani mengambil inisiatif, tidak takut dengan kegagalan, dan mampu mengelola
hubungan yang harmonis antar pemangku kepentingan.
Perusahaan yang akan
unggul dan langgeng dimasa depan adalah perusahaan yang memiliki sumber daya
manusia yang berjiwa entrepreneur. Tanpa energi entrepreneurship, sebuah
perusahaan, apalagi perusahaan teknologi seperti METRODATA terancam menjadi
tidak relevan di tengah era persaingan yang sengit.
Prinsip-prinsip
Entrepreneurship dalam tindakan:
1. Memiliki wawasan yang luas, kreatif dan inovatif
2. Jeli melihat dan menciptakan peluang baru
3. Mencari solusi terbaik untuk mengatasi setiap tantangan yang muncul
4. Senantiasa menghasilkan gagasan baru yang siap diterapkan
5. Berani mengambil resiko yang terukur dalam setiap keputusan
1. Memiliki wawasan yang luas, kreatif dan inovatif
2. Jeli melihat dan menciptakan peluang baru
3. Mencari solusi terbaik untuk mengatasi setiap tantangan yang muncul
4. Senantiasa menghasilkan gagasan baru yang siap diterapkan
5. Berani mengambil resiko yang terukur dalam setiap keputusan
Sejalan dengan
perkembangan bisnis, METRODATA melakukan terobosan melalui pendirian anak usaha
maupun usaha patungan. Secara garis besar, kegiatan Perseroan kini dibagi
menjadi 6 unit bisnis utama yakni:
1.
Bisnis
Distribusi (PT. Synnex Metrodata Indonesia) yang menangani bidang usaha distribusi
Teknologi Informasi Komunikasi.
2.
Bisnis
Solusi (PT. Mitra Integrasi Informatika) yang menyediakan solusi lengkap mulai dari disain dan blue
print, konsultasi, implementasi, dukungan, pemeliharaan, managed services dan
pelatihan.
3.
Bisnis
Konsultasi (PT. Soltius Indonesia) yang menawarkan keahlian dalam bidang solusi transformasi bisnis
dan jasa konsultasi.
4.
Bisnis
Retail (PT. My Icon Technology) yang menyediakan produk-produk TIK secara ritel dan
langsung kepada konsumen selaku pengguna akhir.
5.
Bisnis
Network (PT. Logicalis Metrodata Indonesia) yang menawarkan jasa dan solusi jaringan.
6.
Bisnis
Layanan Telekomunikasi (PT. Xerindo Technologi) yang menyediakan jasa perencanaan radio,
instalasi, pengujian/commisioning, perawatan.
referensi:
http://www.metrodata.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar